Kamis, 08 November 2012

cara Mematikan Autorun (lagi)


Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan autorun tersebut digunakan pada windows XP, kali ini saya akan memberitahukan cara mematikan autorun pada windows 7. karena di setiap settingan default pada windows, baik itu windows XP, windows 7 maupun yang terbaru windows 8 mungkin juga settingan defaultnya seperti itu.

Autorun ini akan berjalan ketika kita menghubungkan device ke laptop atau komputer. misalnya dengan menghubungkan flashdisk, cd rom/dvd rom, harddisk dan sejenisnya. Mungkin pada kalangan tertentu sistem autorun ini lebih menguntungkan daripada harus 2x membuka misalnya windows explorer, karena pada autorun terdapat pilihan untuk membuka windows explorer.

Akan tetapi dari ke "lebih menguntungkan" tersebut terdapat hal negatif pada autorun. Mungkin pembaca pernah mengenal virus atau bahkan pembaca adalah si pembuat virus tersebut. Ada sebagian dari cara masuknya virus ke laptop atau komputer kita dengan cara memanfaatkan autorun ini. Karena misalnya kita menghubungkan flashdisk dengan laptop atau komputer dengan keadaan autorun tidak di disable, maka otomatis flashdisk itu langsung terbaca dan kalau ada virus yang memanfaatkan autorun ini akan leluasa masuk ke komputer kita. dan hasilnya dapat dibayangkan, virus akan bebas mengacak-acak isi dari laptop kita dan bahkan dapat merusaknya. maka disarankan untuk disable saja autorun laptop anda.

Cara untuk disable autorun pada windows 7, yaitu :

  • Masuk ke run (windows+R) atau pada tombol start, lalu ketikkan gpedit.msc


  • Setelah masuk ke gpedit.msc lalu pilih Computer Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> AutoPlay Policies , kemudian pilih Turn off Autoplay seperti gambar berikut



  • Kemudian masuk ke jendela Turn off Autoplay, pilih konfigurasinya Enabled dan Turn off Autoplay on All Drives lalu Ok

  • Autoplay sudah di matikan, maka laptop akan lebih aman.
Semoga cara mematikan autorun ini berguna bagi pembaca. Terima Kasih




0 komentar:

 

Studentsite